Lagi, Jl Pasteur Macet Karena Banjir.

Sekitar pukul 3.00 PM hari ini, saya hendak pulang melalui JL. Dr. Djunjunan (Pasteur) Setelah seharian berada di rumah sakit menemani kakak saya yang terkena demam berdarah. Ketika hendak berbelok dari Sukajadi ke jalan Pasteur, kemacetan jalan sudah terlihat di mulut timur Jl Pasteur. Artinya?? seluruh Jl Pasteur macet.

Sejalan dengan apa yang saya pikirkan, seluruh ruas jalan pasteur arah Tol macet. Kemacetan jalan terjadi sepanjang kurang lebih 2 KM. Kemacetan sepanjang ini sering terjadi pada week end dan hari-hari libur panjang lainnya. Namun, hari ini adalah hari Selasa dan jam tangan menunjukan pukul 3.00 PM ;  Bukanlah waktu yang lazim untuk terjadinya macet di Jl Pasteur.

Saya pun berpikir, “Kali ini, kenapa lagi ya pasteur bisa macet??”  Setelah setengah jam perjalanan di jalan pasteur akhirnya saya tahu mengapa kemacetan seperti ini bisa terjadi. Penyebabnya adalah… Genangan air sedalam 20-30 cm yang menggenangi ruas jalan di depan Mall Bandung Trade Center (BTC).  Genangan air ini sering terjadi ketika hujan deras menerpa daerah sekitar BTC akibat drainase jalan yang buruk.

Hal yang membuat genangan air menjadi semakin parah adalah elevasi jalan sisi BTC yang lebih rendah dibanding sisi jalan di seberangnya. Hal diatas membuat 3/4 lebar jalan tergenang sehingga menghambat arus lalu lintas menujut gerbang Tol Pasteur. Ilustrasi daerah genangan air bisa dilihat pada gambar dibawah.

Kemacetan di ruas jalan ini sangat merugikan bagi kota Bandung. Selama menempuh perjalanan tadi, saya melihat sebuah mobil ambulan yang tidak berhenti menyalakan sirinenya ditengah kemacetan yang ada. Sungguh mengerikan ketika saya membayangkan ada seseorang yang meregang nyawa menanti datangnya bantuan medis sementara bantuan yang ia harapkan terlambat datang karena terjebak macet. Semoga saja itu bukan kenyataan senyata kemacetan yang semakin merajalela di Indonesia.

Advertisements

8 thoughts on “Lagi, Jl Pasteur Macet Karena Banjir.

  1. Saya kira pihak Pemda harus memikirkan beberapa cara:
    1. Membuat bbrp sumur resapan di bbrp titik ruas banjir yang ada di jalan pasteur.
    2. memperbaiki saluran dikanan kiri jalan, dan sebaiknya diatasnya di beri conblok supaya bisa dipakai jalan pejalan kaki, karena saya lihat yang harusnya untuk jalan malah dipakai para pedagang kaki 5
    3. Menertibkan PK5 disekitar jalan pasteur tsb
    4. Membuatkan Jembatan Penyebrangan utk pejalan kaki, karena arus lalu lintas padat, agar terhindar dr kecelakaan, karena dikanan kiri jalan tsb banyak Mal atau Tmpt2 Berbelanja
    Trims : Lia di Bandung

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s