Mengapa Saya Memilih Keselamatan Keluarga dot Com

Sudah dua bulan lebih semenjak saya mempublish artikel terakhir di Blog ini. Harus saya akui saya sempat lupa user id dan password blog ini sampai saya butuh beberpa kali untuk bisa masuk. Sungguh hal yang tidak saya inginkan terlebih setelah saya menset target untuk mempublish artikel di web ini minimal sebulan sekali.

Tapi… saya pun tidak memulai tulisan ini dengan penuh kekecewaan. Saya menyadari jeda nya saya dalam menulis di achmadsya.wordpress.com bukan karena alasan tidak produktif.. jeda ini karena saya sedang mengkonsentrasikan pikiran dan usaha untuk suatu hal yang saya yakini bermanfaat bagi saya dan orang banyak.

Saya dan rekan-rekan sedang merintis suatu website, yang bertujuan untuk mengedukasi masyarakat Indonesia untuk mewujudkan lingkungan yang aman dan selamat bagi diri pribadi dan keluarga tercinta. Website ini mengenalkan kita pada potensi-potensi bahaya yang ada di sekitar kita, di lingkungan yang setiap hari kita hadapi seperti rumah, sekolah jalan raya, dan juga mencoba mendiskusikan cara-cara yang bisa dilakukan dalam menghadapi potensi bahaya sehari-hari ini.

Keamanan dan keselamatan merupakan kebutuhan dasar umat manusia. Sayangnya, budaya menciptakan lingkungan yang aman dan selamat masih belum menjadi pondasi bermasyarakat. Banyak sekali hambatan-hambatan yang membuat keamanan dan keselamatan menjadi hal yang mewah di negeri ini. Contohnya, tragedi beredarnya vaksin palsu lalu yang mengancam masa depan anak-anak di negeri ini, tewasnya pejalan kaki akibat kabel listrik yang dibiarkan terbuka di trotoar, tenggelamnya anak di kolam renang umum karena tersedot saluran pompa air, dan banyak kecelakaan-kecelakaan tidak perlu lainnya yang semestinya bisa kita hindari.

Sungguh tidak tepat ketika penjelasan atas kecelakaan semata-mata hanya menyalahkan takdir atau jalan tuhan. Apakah kita yakin usaha yang kita lakukan untuk mencegah suatu kecelakaan sudah benar-benar maksimal? Kelalaian seperti apa yang bisa ditolerir untuk menyebabkan kematian? Bahkan, kematian akibat kecelakaan-kecelakaan ini terus terjadi karena kasus yang sama, seolah-olah tidak ada pembelajaran bagi siapapun yang terdampak.

Dari sinilah saya berpikir bahwa ada hal dasar yang keliru pada masyarakat kita. Kita kekurangan rasa tanggung jawab terhadap nyawa seseorang. Kita masih melihat sebuah kecelakaan sebagai sebuah “kecelakaan” yang tidak ada kuasa manusia untuk mencegahnya.

Akan tetapi, sesungguhnya pada setiap kecelakaan terdapat keterlibatan manusia di dalamnya. Beberapa kasus anak yang tenggelam di kolam renang karena tersedot saluran air buang mungkin bisa dihindari jika desain kolam memperhitungkan kemungkinan anak tersedot. Pengelola tentunya harus paham tentang aturan desain ini dan mengeluarkan anggaran lebih untuk menjamin kolamnya aman. Di lain pihak, orang tua anak pengguna kolam renang juga mungkin tidak begitu teredukasi mengenai potensi bahaya tenggelam terutama pada anak. Siapa yang menyangka kolam yang begitu tenang bisa menyimpan potensi bahaya? Apakah orang tua akan membiarkan anak berenang tanpa terawasi jika mengetahui potensi bahaya tersedot saluran air?

Contoh diatas menunjukan bahwa kecelakaan sangat bisa dihindari. Kematian yang tidak perlu sangat bisa dihindari. Kuncinya adalah kesadaran masyarakat mengenai potensi bahaya di sekitar kita yang bahkan bisa bersumber hal yang tidak pernah kita sadari sebelumnya. Kesadaran ini akan berujung pada tumbuhnya rasa tanggung jawab untuk membuat lingkungan yang aman dan selamat.

Pemikiran inilah yang membuat saya dan rekan-rekan sangat bersemangat untuk menjalakan situs http://www.keselamatankeluarga.com . Pada dasarnya kami ingin memberikan lingkungan yang lebih aman bagi kami dan keluarga kami. Tapi, keamanan dan keselamatan tidak akan pernah bisa dibangun secara individu. Kerjasama kolektif masyarakatlah yang bisa benar-benar mewujudkan lingkungan yang aman dan selamat secara menyeluruh. Situs Keselamatan Keluarga diharapkan bisa menjadi salah satu mesin pendorong inisiatif ini.

Keselamatan Keluarga dot Com

Sempat ada pikiran apakah saya dapat benar-benar memberikan sesuai yang berarti bagi keluarga-keluarga di Indonesia. Tapi, saya sadar bahwa berbuat sesuatu yang belum tentu berhasil akan lebih baik daripada tidak berbuat sama sekali. Saya tidak bisa berbuat banyak tapi setidaknya saya bisa menyumbangkan sedikit pengetahuan dan pemikiran saya dengan bantuan teknologi internet. Saya ingin dapat berdiri tegak dan mengatakan “Saya sedang melakukan apa yang saya bisa” ketika saya membaca berita tentang kecelakaan-kecelakaan di sekitar saya.

Inilah mimpi saya dan rekan-rekan. Semoga Indonesia menjawabnya dengan hadirnya lingkungan yang lebih aman dan selamat. Amiin.

Advertisements

2 thoughts on “Mengapa Saya Memilih Keselamatan Keluarga dot Com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s